Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grup di Facebook

Setelah membahas seputar cara membuat halaman fan page di Facebook, postingan kali ini adalah membahas seputar cara membuat grup di Facebook.

Meski fan page dan grup Facebook sama-sama bisa digunakan untuk membangun komunitas atau mengumpulkan pengguna Facebook, tetap saja ada perbedaan. Kalau fan page, teman-teman yang kita invite belum tentu menyukai fan page kita. Namun, kalau grup, orang yang kita tambahkan ke grup bisa langsung menjadi anggota. Ditambah lagi, jika anggota atau admin mengirimkan suatu kiriman ke grup, maka anggota grup akan mendapatkan pemberitahuan.

Mengumpulkan anggota grup lebih mudah dibandingkan dengan mengumpulkan like fan page. Hal ini karena mengumpulkan anggota grup tidak perlu mendapatkan persetujuan dari orang yang kita tambahkan ke dalam grup. Grup Facebook ini bisa digunakan untuk mengumpulkan teman-teman sekolah, misalnya alumni sekolah tertentu, atau mengumpulkan orang-orang dengan hobi yang sama. Pengirim kiriman grup bisa diatur apakah para anggota grup boleh mengirimkan kiriman atau hanya admin saja yang boleh mengirimkan kiriman.

Bagaimana caranya? Syaratnya tentu saja Anda harus mempunyai akun Facebook. Bagi yang belum punya, bisa baca postingan tentang cara daftar Facebook untuk mendapatkan panduan cara membuat akun Facebook. Berikut ini adalah cara membuat grup di Facebook.

1. Lihat ke Beranda, di bagian kiri yang pada bagian Grup, klik "Buat Grup...".



2. Isi nama grup yang ingin Anda buat. Tambahkan juga teman Anda yang ingin Anda jadikan sebagai anggota grup. Pada bagian privasi, atur sifat grup Anda, apakah terbuka, tertutup, atau rahasia. Kalau sudah, klik "Buat".

3. Langkah berikutnya adalah memilih ikon grup. Silakan pilih salah satu! Kalau sudah, klik "Oke". Anda bisa melewati langkah ini dengan klik "Lewati".

4. Jika grup sudah jadi, Anda bisa langsung membuat kiriman seperti halnya update status biasa. Untuk menambahkan grup, tinggal klik kotak yang ada di bagian kanan yang bertuliskan "Tambahkan Orang ke Grup", kemudian masukkan teman-teman Anda yang ingin dijadikan sebagai anggota grup.


Itulah langkah-langkah dalam membuat grup di Facebook.

2 komentar untuk "Cara Membuat Grup di Facebook"