Tips Menghindari Kejahatan di Facebook



Tips Menghindari Kejahatan Via Facebook - Setelah kita mengetahui Cara daftar facebook baru, kita akan mulai  menulis status, mengupload foto, dan mensetting pengaturan di facebook. Naaahh disini masalahnya, tanpa kita sadari perilaku kita menggunakan facebook seringkali, justru mengundang kejahatan yang dapat mencelakakan diri kita sendiri.

Facebook sebagai sarana media sosial dunia maya yang paling populer di Indonesia, selain berdampak positif, juga seringkali menimbulkan dampak negatif. Berapa waktu terakhir kita sering mendengar berita tentang kejahatan yang berawal dari perkenalan di facebook. Oleh karena itu kita perlu tahu bagaimana menggunakan facebook secara bijak.



Sebelum mempelajari Tips  Menghindari Kejahatan di Facebook, mari kita coba simak Motif yang biasa digunakan dalam kejahatan via Facebook:

1. Motif Ekonomi

Motif Ekonomi biasanya berupa penipuan melalui penawaran  produk dengan harga murah kemudian ternyata kita sedang berhadapan dengan toko online paslu. Atau merayu calon korban untuk dimintai pulsa, dan cara-cara lain Modus yang lain bisa juga dengan cara meretas akun facebook korban, selanjutnya bisa digunakan untuk sarana promosi dan lain-lain

2. Motif Kejahatan Seksual

Modusnya biasanya pada mulanya di pelaku mengajak kenalan calon korbannya. Setelah merasa dekat, si pelaku merayu calon korban untuk bisa ketemu darat. Selanjutnya, banyak hal yang bisa dilakukan pelaku, misalnya dengan menawarkan minum yangtelah dibubuhi obat bius, atau obat perangsang, dll

3. Motif Sakit Hati

Modus yang digunakan biasa meng-hack facebook korban lalu dipakai untuk membalaskan sakit hatinya dengan cara menjelek-jelekan nama korbannya.
Hindari mengklik link sembarangan yang muncul di wall kita. Hati-hati virus betebaran berupa link di facebook

Berikut Tips Menghindari Kejahatan di Facebook:

1. Hindari mencantumkan identitas pribadi di facebook, seperti: nomer telepon, email, alamat, dan lain sebagainya

2. Hati-hati dalam menerima pertemanan lewat facebook, terutama orang yang tidak kita kenal sebelumnya.

3. Hindari tukar menukar nomor HP dengan teman yang baru dikenal via facebook

4. Hindari mengupload foto-foto pribadi ke facebook. misalnya foto-foto sexy.
Hal ini selain mengundang kejahatan, juga rentan untuk disalahgunakan oleh pihak lain.

5. Untuk kejahatan dengan motif ekonomi, hati-hati dengan penawaran barang dengan harga murah. lebih-lebih penjual yang tidak jelas. Lebih aman membeli dari produk yang satu  kota dengan kita. sehingga kita bisa bertatap muka, istilah populer-nya COD (Cash On Delivery)
Jika anda tertari membeli produk dari luar kota, periksa betul-betul kridebiltas penjualnya. kita bisa melihat dari alamat tokonya, atau testimoni dari para pembeli sebelumnya (periksa juga akun facebook si pemberi testimoni, karena bisa saja testimoni ini hasil rekayasa :p )
Meskipun begitu, masih ada penjual yang jujur, kita hanya perlu berhati-hati dalam melakukan sebuah tansaksi.

6. Ubahlah password facebook kita dengan teratur dengan password yang tidak mudah di tebak. 

Untuk motif kejahatan seksual biasanya dilakukan oleh pihak lelaki yang membidik calon korbannya seorang wanita, biasanya ABG. Untuk menghindari kejahatan dengan motif ini lakukan point satu sampai dengan empat. Khusus untuk point ini, saya akan coba uraikan lebih panjang.

Jika kita (wanita) merasa kenal dekat setelah berkenalan di facebook, kemudian kita ingin melakukan copy darat, apa yang harus kita perhatikan:

a. Di dunia maya khususnya di facebook, siapapun bisa menyamar menjadi siapa saja, untuk mengetahui bahwa orang yang di foto pofil benar-benar ada, kita bisa liat foto-foto sebelumnya, jika dia amat jarang bahkan tidak pernah mengup-date foto-foto dirinya maka kita perlu waspada.

b. Perhatikan status-statusnya dan koment-koment yang ada distatusnya.
Jika status-statusnya dan yang memberi koment bersifat umum, tidak pernah melibatkan teman-teman offline dia, maka kita perlu waspadai sebagai fake account

c. Silakan periksa informasi tentang kenalan kita tersebut. Orang yang berniat jahat biasanyatidak akan mencantumkan informasi lengkap

d. Jika kemudian kita memutuskan juga untuk bertemu muka  dengan kenalan kita di facebook, lakukan di tempat umpum, misalnya retoran cepat saji, atau tempat umum lainnya. Hindari bertemu di kamar kost, kamar hotel, atau tempat-tempat pribadi lain.

e. Jika kita memutuskan untuk bertemu  kenalan kita, alangkah baiknya jangan menemui sendiri. Ajak teman kita untuk menemani kita.

Demikianlah Tips Menghindari Kejahatan di Facebook, untuk meningkatkan kewaspadaan kita. Semoga kita lebih bijak dalam menggunakan media sosial yang satu ini, sehingga dapat merasakan manfaatnya, dan dapat menghindari kejahatan yang mungkin timbul akibat orang-orang yang tidak bertanggungjawab.




{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar